Minggu, 01 April 2012

Tips Dasar Membuat Perpustakaan Pribadi : Pengadaan Buku

Banyak orang mengatakan kalau membuat perpustakaan itu sulit. Padahal sebenarnya kalau kita mau dan tahu caranya, cukup sederhana. Perpustakaan pribadi adalah gudang ilmu bagi kita dan orang-orang sekitar kita (amal jariyah loh). Bagi teman-teman yang ingin membuat perpustakaan pribadi menjadi lebih baik, berikut ini saya bagi informasi dasar mengenai pengadaan buku yang mungkin bisa diterapkan oleh teman-teman semua. Tips ini berdasarkan pengalaman pribadi saya dan juga saya ambil dari beberapa pengalaman teman dan tips dari media yang saya baca.

1. Gunakan Buku Asli, Bukan Bajakan
Akhir-akhir ini banyak sekali penyedia layanan penyewaan buku ataupun sejenisnya yang menggunakan buku bajakan dalam versi cetak, dan ini tentu kualitasnya tidak begitu bagus dengan yang asli meskipun harganya jauh lebih murah buku bajakan. Jika kamu menggunakan buku bajakan, dapat dipastikan pembaca tidak akan merasa nyaman saat membacanya karena tampilannya tidak bagus.

2. Tips Membeli Buku dengan Harga Murah
Sebaiknya jika kamu ingin membuat perpustakaan, kamu dapat membeli buku aslinya sendiri di toko buku. Kamu bisa mendapatkan buku baru dengan harga yang hampir sama dengan buku bajakan. Dalam hal ini ada baiknya kamu mencari toko buku-toko buku kecil atau toko buku yang menyediakan fasilitas harga dobel, alias harga jual dan harga agen. Biasanya toko seperti ini akan memberikan harga agen dengan potongan sebesar 20%-35% kepada pembeli yang membeli buku untuk dijual kembali. Bahkan kalau kamu membelinya di toko buku grosiran dan sudah menjadi langganan mereka, kamu bisa mendapatkan potongan sampai 40%. Ini berlaku jika kamu membeli buku baru.

Toko buku bekas juga merupakan pilihan yang bagus untuk mendapatkan buku-buku keluaran lama yang isinya sangat bagus tetapi sudah jarang ditemukan di toko buku baru. Misalnya seperti komik lama, cerita silat, cerita detektif, majalah lama, novel sejarah, atau buku-buku berkualitas lainnya. Dan ini adalah pilihan yang bagus juga untuk isi perpustakaan kamu.

3. Membuat Kliping Koran
Untuk isi perpustakaan kamu bisa juga mengumpulkan koran-koran lama dan memilah-milah berita-berita penting atau informasi-informasi menarik yang ada di koran tersebut. Biasanya koran-koran juga menyediakan kolom cerpen, puisi, artikel pengembangan diri, dsb yang sangat bagus. Kamu bisa mengambilnya dan membuatnya menjadi bentuk kliping. Kliping tersebut suatu saat akan sangat berguna untuk mencari informasi. Cara detilnya dapat dilihat di artikel ini.

4. Menyisihkan Dana untuk Buku
Ini yang paling penting. Jika kamu merasa bahwa membuat perpustakaan itu mahal, benar adanya. Tapi kamu bisa menjadikannya murah dengan cara-cara seperti berikut:
  • Jika kamu memiliki uang saku (bagi yang masih menerima kucuran dana ortu hehe) atau gaji (bagi yang sudah bekerja), sebaiknya kamu membuat celengan untuk menyisihkan budget agar bisa membeli buku. Usahakan kamu bisa menyisihkannya per hari supaya di akhir waktu, kamu tidak merasa berat mengeluarkan uang banyak dan dalam hal ini harus disiplin.
  • Kamu harus bisa membuat target agar bisa membeli berapa banyak buku dalam jangka waktu tertentu. Misalnya satu buku dalam seminggu atau 2 buku dalam 1 bulan.
  • Mengumpulkan majalah, jurnal, artikel, dsb. Kamu juga bisa membuat semacam kliping makalah, artikel atau jurnal.
Dengan cara tersebut, saya yakin kamu bisa membeli buku sebanyak yang kamu inginkan, asalkan punya kemauan kuat dan disiplin. Dan kamu juga bisa membangun sedikit demi sedikit perpustakaan pribadi kamu. Untuk alat dan bahan yang dibutuhkan membuat perpustakaan pribadi, bisa dibaca di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar